Pages

Saturday, December 31, 2016

Rangkuman PAI Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016

Rangkuman PAI Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016
BAB 1
Lebih Dekat Dengan Allah SWT. Yang Sangat Indah Nama-Nya.
-       Iman kepada Allah Swt. adalah percaya dengan sepenuh hati bahwa Dia itu ada, diucapkan dengan lisan dandiamalkan dalam kehidupan sehari hari.
-       Asmaul Husna adalah nama nama Allah Swt. yang baik
-       Diantaranya adalah : Al-Alim (Maha Mengetahui), Al-Khabir (Maha Teliti), As-Sami’ (Maha Mendengar), Al-Basir (Maha Melihat).
-       Cara meneladani Asmaul Husna dalam kehidupan sehari hari adalah mencintai ilmu pengetahuan, selalu gigih dalam mencari ilmu, dalam melakuakan pekerjaan ingn selalu sempurna,teliti dalam berbuat
-       Hikmah beriman kepada Allah Swt. adalah : akan selalu ditolong oleh Allah Swt. hati menjadi tenang dantidak gelisah, dan mendatangkan keuntungan dunia akhirat.
BAB 2
Hidup tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqomah.
-       Jujur adalah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya.
-       Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya).
-       Orang yang menjaga amanah biasanya disebut orang yang bertanggung jawab.
-       Istiqomah berarti sikap kukuh pada pendiri dan konswkuen dalam tundakan.
-       Istiqomah terwujud karena adanya keyakinan akan kebenaran dan siap menaggung resiko.
-       Istiqomah dapat diwujudkan melalui : selalu menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya, melaksanakan solat tepat waktu, belajar secar terus menerus, selalu menta’ati peraturang yang ada disekolah,dan selalu menjaankan kewajiban.

BAB 3 
Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman.
-       Taharah artinya bersuci dari najis dan hadas.
-       Taharah dari najis adalah membersihkan sesuatu dari najis.
-       Ada tiga macam najis, yaitu najis mukhaffafah, najis mutawasstah, dan najis mugaladoh.
-       Najis mukhaffafah adalah naji yang ringan, seperti air seni bayi laki laki yang belum berumur dua tahun dan belum makan apapun kecuali air susu ibu. Cara mensucikannya dengan memercikkan atau mangusapkan air yang suci pada permukaan yang terkena najis.
-       Najis Mutawassitah adalah najis pertengahan, seperti darah, nanah, air seni, tnja, bangkai binatang, dan sebagainya. Najis jenis ini ada dua macam, yaitu najis hukmiyyah dan najis aniyyah.
-       Najis hukmiyyah diyakini adanya tetapi tidak nyata wujudnya (zatnya), bau, dan rasanya. Cara mensucikannya cukup dengan mengalirkan air pada benda yang terkena najis.
-       Najis aniyyah adalh najis yang tampak wujudnya (zatnya)dan bias diketahui melalui bau, dan rasanya. Cara mensucikannya adalah dengan menghilangkan zat, rasa, warna dan baunya sengan mengguankan air yang suci.
-       Najis Mugaladah adalah najs yang berat. Najis ini bersumber dari anjing dan babi. Cara mensucikannya yaitu dengan membasuh sebanyak tujuh kali, satu kali diantaranya menggunakan air yang dicampur dengan tanah.
-       Tayammum adalah mengusap kedua tangan dengan debu yang suci.
-       Rukun tayammum : niat, mengusap muka dengan tanah, mengusap kedua tangan sampai siku siku dengan tanah, tertib.
-       Mandi wajib (junub/janabat) adalh mengalirkan air yang suci ka seluruh badan disertai dengan niat untuk menghilangkan hadas besar.
-       Rukun mandi wajid : niat, mengalirkan air ke seluruh badan sampai rata.
-       Istinja adalah bersuci sesudah buang air besar atau buang air kecil dan bias mengguankan air da batu.

BAB 4
Indahnya Kebersamaan Dengan Salat Berjamaah
-       Salat berjamaah adalah salat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama sama dan salah satu seorng dari mereka menjadi imam, sedangkan yang lainnya menjadi makmum.
-       Hukum salat wajib berjamaah adalah sunnah muakkadh, yaitu sunnah yang sangat di anjurkan.
-       Makmum adalah orang yang mengikuti imam dalam salat berjamaah.
-       Syarat sah salat berjamaah : ada imam, makmum berniat untuk mengikuti imam, salat dikerjakan dalam satu majelis, salat makmum sesuai dengan salatnya imam.
-       Syarat menjadi imam : mengtahu asyarat dan rukun salat dan perkara yang membatalkan salat, fasih dalam membaca Al-Qur’an, paling luas wawasan agamanya dibandingkan yang lain, berakal sehat, balig, berdiri pada posisi yang palig depan, seorang laki laki (perempuan juga boleh menjadi imam jika makmumnya perempuan semua), tidak sedang bermakmum kepada orang lain.
-       Syarat menjadi makmum : berniat mengkuti imam, mengetahui gerakan salat imam, berada dalam satu tempat dengan imam, posisinya dibelakan imam.
-       Macam macam makmum : makmum muwafik, makmum masbuk, makmum mufarrik.
-       Makmum muwaffik adalah makmum yang tidak terlambat.
-       Makmum masbuq adalah makmum yang tidak sempat yang tidak sempat membaca surah Al-Fatihah bersama imam di rokaat pertama.
-       Makmum mufarrik adalah makmum yang menyalahi gerakan imam.
-       Halangan salat berjamaah : hujan yang mengakibatkan susah menuju ketempat salat berjamaah, angina kencang yang sangat membahyakan, sakit yang menyebabkan susah berjalan ke tempat salat berjamaah, sangat ingin buang air besar atau buang air kecil, karena baru makan makanan yang baunya susah dihilangkan, seperti bawang, petai dan jengkol.
-       Keutamaan salat berjamaah : menjalin silaturahmi antarsesasama, mengajarkan hidup disiplin, saling mencintai dan menghargai, menjaga persatuan, kesatuan dan kebersamaan, Manahan dari kemauan sendiri (egois), mebgajarka kepatuahan seorang muslim kepada pimpinannya.

BAB 5
Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah Swt.
-       Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, 12 Rabi’ul awwal bertepatan dengan 20 April 571 M, yang disebut tahun gajah.
-       Nabi Muhammad lahir dalam keadaan yatim.
-       Ayahnya bernama Abdullah Bin Abdul Muthallib wafat saat Nabi Muhammad berumur 6 bulan didalam kandungan ibunya, ibunya bernama Siti Aminah wafat saat Nabi Muhammad berusia 6 tahun.
-       Saat bayi Nabi Muhammad di asuh oleh Halimah Sa’diyah sampai berusia lima tahun dari Bani Saad, Kabilah Hawarizmi.
-       Kemudian Nabi diasuh oleh kakeknya yang bernama Abdil Muthalib sampai berumur 8 tahun.
-       Selanjutnya beliau siasuh pamannya yang bernama Abu Thalib sampai menginjak remaja.
-       Sifat sifat Nabi Muhammaf Saw. : tidak mudah putus asa, semangat kerja yang tinggi, selalu jujur, amanah, tabah, optimis, dan percaya diri.
-       Nabi Muhammad Saw. diangkat menjadi rosul pada usia 40 tahun dengan menerma wahyu pertama Q.S. Al-Alaq/96:1-5 melalui perantar Malikat Jibril di Gua Hira.
-       Dakwah Nabi secara sembunyi sembunyi dimulai setelah turun wahyu kedua Q.S. Al-Muddasir/74:1-7. Masih sebatas kelurga dekat.
-        As-Sabiqun Al-Awwalun adalah orang yang pertama kali memeluk islam. Mereka adalah Siti Khadijah, Abu Bakar, Ali bin Abi Talib, Zaid Bin Harisah, dan Ummu Aiman.
  



3 comments:

  1. Terima kasih banyak untuk postingannya.

    ReplyDelete
  2. Klo gk PAS ,ak gk bakal mampir disini..
    Maksaih banyak kk😊

    ReplyDelete
  3. Terimakasih untuk rangkuman nya nilai PAS saya jadi bagus ☺️

    ReplyDelete

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates